Kamis, 06 November 2014

Instal Mail Server Zimbra 8.5.1 di Ubuntu 14.04 LTS Artikel

Abstrak


Sebuah server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani komputer klien dalam sebuah jejaring komputer. Electronic mail (email) adalah suatu bentuk komunikasi surat menyurat elektronik melalui sebuah sistem komputer dan ditransmisikan ke komputer lain yang dituju dengan melintasi jejaring komputer. Keberadaan mail server sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan komunikasi lewat email. Zimbra Collaboration 8.5.1 Open Source Edition dijalankan di sistem operasi Ubuntu Server 14.04 LTS sebagai Mail Server, yang nantinya os Ubuntu akan menjalankan mail server zimbra di dalam sistemnya. Oleh karena itu mail server Zimbra di install kedalam OS Ubuntu server 14.04, dimana ubuntu merupakan salah satu distro linux.

Pendahuluan


zimbra adalah sofware open source untuk email server dan kolaborasi(groupware)yang menyediakan solusi email server yang powerfull,penjabwalan,kalender group kotak dan manejemen penyimpanan dokumen via web.zimbra wed tersedia untuk linux dan mac os x.zimbra menggunakan klien ajax web 2.0 yang dapat di jlankan pada browser ,seperti firefox,interner explorer,dan lain2. zimbra pada dasarnya sekelas dengan microsoft exchange server. perbedaan nya zimbra terbagi dua edisi.yaitu open source edition dan network edition
kelebihan dan keuntungan menggunkan mail server zimbra.
-berbasis open source(tidak perlu membayar biaya lisensi software)
-jumlah user/mailbox tidak terbatas
-berjalan diatas operating sytem linux
-mudah dalam pengaturan pemilihan dengan web administration
-terintragasi dengan anti virus dan anti spam
-memiliki kemampuan multi domain
-memiliki pembatasan quota mail box per user
-dapat digabungkan dengan fitur spooling mail.

Saat ini versi Ubuntu telah pesat berkembang, dimulai dari versi 4.10 (20 Oktober 2004) hingga ynag terbaru saat ini yakni Ubuntu server versi 14.04 LTS yg dirilis pada 17 April 2014. Kelebihan dari versi terbaru ini adalah:

1. Linux kernel 3.13
Ubuntu 14.04 LTS sudah menggunakan Kernel 3.13.0-24.46 yang bersumber pada Kernel v3.13.9 stable. Versi ini tentu saja membawa banyak fitur baru, perbaikan, dan peningkatan dukungan terhadap perangkat jaringan, power management, virtualization, dan lain-lain.
2. Python 3.4
Pada versi terbaru ini, Ubuntu mencoba menggunakan Python 3.4 bukan Python 2. Mengingat tidak semua aplikasi Python 2 dapat diubah menjadi Python 3, maka Ubuntu tetap masih menyediakan Python 2 untuk diinstal.
3. Unity
Unity di Ubuntu 14.04 LTS juga mendapat polesan yang sangat berarti di antaranya: dukungan terhadap layar High-DPI dan desktop scaling, screen saver dan lock screen baru, dan masih banyak lagi.
4. LibreOffice
LibreOffice merupakan aplikasi Office Suite yang pasti disertakan pada setiap rilis Ubuntu. Pada Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr ini, LibreOffice yang disertakan adalah LibreOffice versi 4.2.3.

Dan disini, penulis akan berbagi pengalaman dan pengetahuan, tentang cara menginstal zimbra 8.5.1 di Ubuntu versi 14.04 LTS.


Untuk Langkah-langkah instal zimbra silahkan download : http://www.mediafire.com/view/74kzwhjjod46r34/cara_instal_zimbra_8.5.1_di_ubuntu_14.04.txt



1 komentar:

Baca Lagi